Jakarta, Ditengah suasana persiapan menuju Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke 3 DPN AFEBSI Kembali menggelar program Webinar Nasional Series session 2. Kegiatan Webinar Nasional Series ini akan berlangsung selama satu bulan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dan kredibel dalam bidangnya masing-masing.

Dihari pertama Webinar Nasional Series, AFEBSI menghadirkan Narasumber Juni Suryanadi, M.Pd selaku Wakil Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung dan Riyan Hadithya, S.E., M.M. selaku Kaprodi Manajemen Rital(Universitas Tehnologi Digital Bandung) yang mengangkat topik Webinar tentang Effective Leadership & Customer Relationship: Strategi Menghadapi Dinamika Bisnis Modern. (Rabu, 16/7/2025)

Dalam sambutan pembuka, Ketua DPN AFEBSI menyampaikan bahwa kegiatan Webinar Nasional Series ini merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan oleh AFEBSI sebagai rangkaian kegiatan menuju Rakernas 3 AFEBSI di Riau.

“Webinar ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi anggota AFEBSI untuk mengaktualisasikan gagasan dan pemikirannya secara lebih luas kepada insan akademis lainnya.” Ujar Achmad Rozi.

Juni Suryanandi selaku pembicara pertama menyatakan Dalam era bisnis yang sangat dinamis, diwarnai oleh digitalisasi, globalisasi, serta disrupsi teknologi, organisasi dituntut untuk lebih adaptif dan tangkas dalam menyikapi perubahan. Keunggulan kompetitif tak lagi hanya bergantung pada produk dan harga, tetapi juga pada dua elemen krusial yaitu effective leadership dan customer relationship.

“Pemimpin yang mampu menggerakkan tim dalam ketidakpastian dan organisasi yang mampu membangun hubungan emosional dengan pelanggan memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dan tumbuh.” Ujar Wakil Ketua STIAB Jinarakkhita Lampung

Ditambahkan lagi, “Dulu, keberhasilan suatu perusahaan ditentukan oleh kualitas produk atau jasa yang ditawarkannya. Namun, dalam era digital ini, faktor-faktor seperti inovasi teknologi, pemasaran digital, dan pengalaman pengguna yang optimal juga memainkan peran penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Bisnis modern tidak lagi hanya berkutat pada produk atau jasa yang dijual, tetapi juga pada bagaimana kita terhubung, berkomunikasi, dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.” Pungkasnya.

Masih menurut Bhante Juni Suryanadi, “Pemimpin yang visioner, adaptif, dan empatik mampu mengarahkan tim dengan tepat, sementara hubungan yang hangat dan bermakna dengan pelanggan menciptakan loyalitas jangka panjang. Keberhasilan bisnis masa kini tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk, tetapi oleh kemampuan memimpin dengan hati dan membangun koneksi yang bernilai dengan konsumen.”

Pada sesi kedua, pembicara Ryan Hadithya menyampaikan pengantar terkait dengan Siapa itu Costumer? Menurutnya Costumer adalah Individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen dalam transaksi ekonomi. Secara spesifik, konsumen adalah seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu.

Lebih lanjut Ryan Haditya memaparkan bahwa Custumer Relationship Management adalah Sebuah cara dimana perusahaan mengatur hubungannya dengan pelanggan yang bertujuan untuk membangun Komunikasi dan pemasaran dapat berjalan dengan lancar.

Ditambahkan oleh Ryan, CRM merupakan cara Menyediakan informasi secara lengkap mengenai pelanggan, dan sekaligus Melakukan up selling dan cross selling.

“Kegiatan Webinar Nasional Series yang digelar AFEBSI akan dilaksanakan sebanyak 7 (tujuh) Batch, mulai dari Batch 17 smapai dengan Bacth 23. Dan akan berakhir pada tanggal 7 Agustus 2025.” Pungkas Rozi selaku Ketua Umum DPN AFEBSI. (red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *